Helm Motor Dapat Membuat Anda Kehilangan Pendengaran

Pilih mana, kepala bocor, ditilang polisi atau menjadi “bolot”?

helm full faceSebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Of The Acoustical Society of America memperingatkan bahwa helm motor, meskipun dapat melindungi kepala Anda dari kecelakaan, juga dapat menyebabkan Anda kehilangan pendengaran. Sekelompok peneliti dari Universitas Bath dan Bath Spa, Inggris, telah memetakan aliran udara dan pola kebisingan untuk mengetahui penyebabnya. Deru mesin motor memang keras, tetapi penelitian mereka mengungkapkan bahwa sumber terbesar kebisingan bagi pengendara sepeda motor sebenarnya adalah udara yang mendesing di atas dan melalui helm.

Para peneliti mendapatkan kesimpulan tersebut setelah memasang helm sepeda motor di kepala manekin, menempatkannya dalam sebuah terowongan angin, dan menyalakan kipas angin. Dengan menempatkan mikrofon di lokasi yang berbeda di helm dan di telinga manekin, mereka menemukan bahwa bagian bawah helm dan pinggiran dagu merupakan sumber utama suara yang mencapai gendang telinga sensitif pengendara sepeda motor. Mereka juga meneliti bagaimana sudut helm dan kecepatan angin memengaruhi kebisingan tersebut.
Suara yang paling berbahaya tidak berasal dari deru mesin, tetapi dari kebisingan di atas 500 Hz dan di bawah 500 Hz yang disaring dan diperkuat oleh angin yang melaju di sekitar dan melalui helm Anda. Dalam hal ini helm motor bertindak sebagai penyaring frekuensi yang menentukan input ke sistem pendengaran. Bahkan pada kecepatan yang normal pun kebisingan suara bisa melebihi tingkat yang aman.

Ini adalah penelitian pertama yang menyelidiki efek akustik dari helm sepeda motor. Temuan ini mungkin dapat menjadi masukan bagi Pemerintah untuk mewajibkan produsen helm agar merancang helm yang dapat meredam kebisingan dan melindungi pendengaran.

Mulai saat ini, mungkin ada baiknya bagi Anda untuk mengenakan penutup telinga saat berkendara motor dengan memakai helm.
Sumber: Majalah Kesehatan

Updated: 13/08/2011 — 6:49 am
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme