“Kebiasaan Baik” yang Tidak Baik

Kita semua tahu beberapa “kebiasaan baik” yang dilakukan orang setiap hari dengan harapan agar membuat mereka lebih sehat. Namun, apakah kebiasaan-kebiasaan itu benar-benar menyehatkan? Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa “kebiasaan baik” itu tidak selalu baik. Alih-alih menyehatkan, tiga kebiasaan berikut justru dapat merugikan kesehatan Anda.

1. Mandi terlalu bersih
Banyak orang yang mandi terlalu bersih. Mereka mandi menggunakan air panas dan menggosok kulit secara berlebihan dengan sabun. Kulit kita secara alami menghasilkan minyak untuk membersihkan dan melembabkan kulit. Mandi dengan air panas dan menggunakan sabun mandi berlebihan dapat membuang minyak tersebut dan menyebabkan kulit kekeringan, pecah-pecah dan bahkan infeksi. Mandilah dengan air dingin dan gunakan sabun secukupnya untuk membuang kotoran di badan Anda.

2. Tidur malam delapan jam
Anjuran untuk tidur malam delapan jam adalah hal baru. Nenek moyang kita sejak ribuan tahun lalu tidak tidur delapan jam sehari. Mereka tidur hanya sekitar 6 jam di malam hari, namun di siang hari mereka menyempatkan diri untuk tidur sejenak. Tidur siang 15-30 menit bisa lebih menyegarkan badan daripada dua jam ekstra di malam hari.

Dari studi enam tahun terhadap lebih dari satu juta orang dewasa (The Cancer Prevention Study II), disimpulkan bahwa orang yang mendapatkan tidur 6 -7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang mendapatkan 8 jam tidur!

3. Membersihkan gigi setelah makan
Anda pasti pernah mendengar anjuran untuk menggosok gigi setelah makan. Anjuran itu kurang bijaksana. Makanan (terutama yang asam dan manis) dapat melunakkan enamel pelindung gigi Anda. Jika Anda membersihkan gigi segera setelah makan, Anda akan menyikat enamel yang masih lunak itu sebelum sempat mengeras lagi. Tunggulah minimal setengah jam setelah makan bila Anda akan menyikat gigi.
Sumber: Majalah Kesehatan

Updated: 06/05/2011 — 1:43 am
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme