Belajar Seo Untuk Pemula

belajar seo untuk pemulaBelajar seo untuk pemula adalah suatu hal yang harus diperhatikan agar dapat berhasil di dunia internet marketing. Setelah sekian lama berkecimpung di dunia online marketing, baru kali ini saya berani menulis tentang search engine optimization(SEO). Yup, untuk tahap awal saya akan berbagi mengenai belajar seo untuk pemula. Dan teknik ini kita khususkan dulu untuk mesin pencari google.

Tahapan Belajar Seo Untuk Pemula

Seo sendiri terbagi dua yaitu seo onpage dan seo offpage. Seo onpage adalah mengoptimalkan website kita agar lebih mudah diindeks maupun agar lebih mudah bersaing dalam pencarian di mesin pencari(search engine). Seo onpage terfokus pada website kita sendiri, jadi lebih mudah dan lebih fokus untuk mengoptimalkannya. Adapun seo offpage lebih luas ruang lingkupnya, karena ini berhubungan dengan website lain, backlink dan lain-lain. Teknik seo offpage ini sangat berguna untuk  membantu blog kita bersaing di SERP( Search Engine Result Page).

Komponen seo onpage antara lain sebagai berikut:

Heading, baik itu heading 1,heading 2 dan seterusnya
Meta title
Meta keyword
Meta description
Internal linking
Plugin tambahan untuk seo
Keyword bold,italic dan underlined pada content

Pastikan isi/content blog kita unik dan bermanfaat untuk pengunjung(bermanfaat), jangan berlebihan dalam optimasi kata kunci(keyword stuffing) karena akan dianggap juga oleh google sebagai spam blog atau juga keyword spamming.

Setting permalink sesuai dengan keyword yang kita bidik,bagus juga bila kita memberi link keluar atau outbound link menuju website-website besar seperti wikipedia dan lain-lain.

Sedangkan komponen seo offpage antara lain adalah backlink, social bookmarking, traffic. Jika dulu semakin banyak backlink maka akan semakin baik untuk blog kita, maka setelah adanya algoritma google penguin hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Saat ini hanya backlink berkualitaslah yang akan memberi dampak positif untuk blog kita. Backlink berkualitas tersebut adalah backlink yang berasal dari blog lain yang sejenis/seniche dan ber PR tinggi. Berikan variasi untuk semua link yang mengarah ke blog kita yaitu dofollow dan nofollow backlink.

Selain itu buatlah agar anchor teks atau link title dengan kata yang berbeda agar lebih bervariasi di mata google.

Sekian dulu artikel mengenai belajar seo untuk pemula ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Updated: 14/04/2013 — 8:08 am
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme