Tips Belanja Online

tips belanja onlineTips belanja online yang aman sangat diperlukan saat ini, selain karena semakin banyaknya toko online yang bermunculan, juga karena semakin banyaknya kasus penipuan ketika melakukan transaksi di dunia maya yang menimpa para pengguna internet di Indonesia. :nangis3:

Belanja secara online memang menawarkan beberapa kelebihan antara lain kita bisa dengan bebas menentukan produk apa yang ingin kita beli tanpa khawatir diawasi penjaga toko, selain itu toko online bisa diakses selama 24 jam, mudah menentukan produk berdasarkan spesifikasi, harga dan kebutuhan, display produk yang sesuai kategori sehingga memudahkan kita dalam memilih barang dan lain sebagainya. :semangat!:

7 Tips Belanja Online Yang Aman

Pernahkah kamu belanja secara online, atau pernahkah tertipu saat berbelanja secara online? Semoga 10 tips belanja online aman ini bisa bermanfaat untuk kamu.

1. Teliti terlebih dulu websitenya sebelum kamu berbelanja

Tips ini penting jika kamu berbelanja produk seperti pakaian online di situs web yang kurang dikenal. Cek nomor telepon si penjual dan hubungi. Jika belum yakin, cari infonya di google atau yahoo. Carilah review atau testimoni dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, silakan cari toko online yang lain.

2. Perhatikan baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi kamu

Pastikan kerahasiaan data kita aman dan jangan sampai ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi kita ke pihak lain di dalam TOS atau kebijakannya.

3. Jangan mudah tergiur harga yang murah

Pepatah Jawa bilang ono rego ono rupo, atau ada harga ada kualitas (terjemah bebas) :swt2:  Yup, kualitas itu biasanya berbanding lurus dengan harga yang dikeluarkan. Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang jauh dari harga pasaran yang berlaku apalagi barang BM kecuali Anda sudah siap dengan resikonya heheh…

4. Cari tanda kalau situs web tersebut aman

Biasanya tanda aman itu berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Pastikan tanda tersebut ada sebelum kita memasukkan informasi pribadi. Akan lebih baik jika url toko online itu adalah https yang artinya sudah di enkripsi dan tentunya akan lebih aman.

5. Lindungi pc kamu

Lindungi PC kamu dengan antivirus karena tingginya resiko yang mengintai ketika kita berselancar di dunia maya, jangan download software yang mencurigakan atau tidak jelas. Lebih bagus lagi jika ditambah anti spyware dan firewall. Selalu update software/antivirus pengaman kamu karena jumlah dan jenis virus pun akan terus berubah dan bertambah.

6. Pertimbangkanlah cara pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan cara transfer antar bank atau melalui kartu kredit . Dengan menggunakan kartu kredit, kamu punya bukti kuat kalau  sudah melakukan transaksi jika seandainya barang tidak diantar atau tidak sesuai dengan pesanan.

7. Bertanyalah tentang produk yang akan dibeli

Ada pepatah malu bertanya sesat dijalan, nah jangan sampai kamu kecewa karena kondisi produk yang kamu beli tidak sesuai  dengan yang kamu inginkan. Bertanyalah tentang barang yang akan dibeli melalui jalur atau fasilitas yang disediakan, khususnya masalah garansi produk. Jangan takut bertanya kepada penjual, karena penjual yang baik akan dengan senang hati menjawab pertanyaan calon konsumennya. :senyum:

Mengenai toko online yang terpercaya, salah satunya adalah Lazada.co.id  :kembang:  Karena selain harganya kompetitif, konsumen pun bisa memilih transaksi secara COD atau bayar pada saat barang diantar, tentu sangat aman kan:salaman: Pengalaman penulis ketika bertanya kepada staf CS di lazada, responnya cepat juga tuh :tepuktangan:

Lalu mengenai kategori favorit di lazada bagi saya adalah kategori komputer dan laptop, saya senang mencari tahu produk terbaru apa saja yang telah keluar.

Agar lebih mudah berhubungan dengan pihak lazada, jangan lupa add akun G+ mereka disini yah. Semoga postingan tips belanja online agar tidak tertipu yang sederhana ini bisa sedikit memberi pencerahan untuk kamu semua :peace:

Updated: 27/03/2013 — 8:49 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme