Resep Masakan Indonesia Pilihan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia terkenal kaya akan sumber daya alamnya. Berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur di Indonesia, termasuk juga sayuran, buah-buahan dan aneka bumbu-bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah, jahe dsb sehingga Indonesia pun memiliki banyak resep yang bervariasi dengan kelezatan dan nilai gizi yang tinggi.

resep masakan indonesiaKeunggulan Indonesia sebagai negara yang majemuk membuat Indonesia memiliki banyak tradisi, budaya yang melahirkan banyak resep masakan Indonesia yang beragam jenis dan karakternya. Bagi Anda yang suka masakan asam, pedas, asin, manis bahkan sampai dengan pahit pun, semuanya dapat Anda cicipi dalam resep masakan Indonesia. Tak heran jika banyak resep masakan Indonesia yang menjadi hidangan pilihan bagi keluarga dan kerabat dalam kehidupan sehari-hari.

Resep masakan Indonesia pilihan yang menjadi sajian lezat di meja makan biasanya praktis dan cepat dalam pengolahannya serta menggunakan bumbu-bumbu alami sederhana yang mudah didapatkan di mana saja. Beberapa bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada, jahe, kunyit, sering kita jumpai sebagai bumbu khas dalam masakan Indonesia. Akan tetapi, masakan Indonesia akan memiliki rasa yang lebih kuat apabila diperkaya dengan tambahan beberapa bumbu sebagai penyedap rasa. Sebagai contoh kaldu yang sering ditambahkan pada hampir setiap masakan Indonesia.

Kaldu dapat digunakan sebagai penyedap rasa karena terdapat rasa gurih sebagai pelengkap rasa masakan. Misalnya sayur asem dan tumis-tumisan yang lebih sedap jika dilengkapi dengan gurihnya kaldu. Beberapa kaldu yang biasa ditambahkan adalah kaldu ayam dan kaldu daging. Kaldu alami diperoleh dari daging asli dan sumsum tulang. Tak hanya kaldu yang dapat menambah rasa lezat pada masakan, beberapa bahan bumbu lainnya juga dapat ditambahkan sebagai penyedap dalam masakan seperti terasi udang dan saus tiram yang lebih sering kita temukan dalam sambal dan masakan seafood.

Resep masakan Indonesia tidak hanya berupa menu utama saja namun dessert dan appertizer seperti jajanan pasar juga beraneka rasa dan bentuk yang tidak kalah lezatnya. Masakan Indonesia berupa jajanan pasar memang biasanya didominasi oleh rasa manis namun banyak juga pilihan jajanan yang mengedepankan rasa asin dan gurih seperti arem-arem, lemper, tahu isi, martabak, lumpia dsb. Jajanan tersebut juga menggunakan bumbu-bumbu alami sama seperti masakan Indonesia lainnya. Namun untuk memperkuat rasa gurih dan enak beberapa bumbu tambahan seperti kaldu, saus tiram dan terasi udang juga dapat ditambahkan dalam jajanan tersebut. Aneka bumbu-bumbu alami yang dapat ditambahkan dalam setiap masakan Indonesia inilah yang pada dasarnya membedakan antara masakan Indonesia dengan masakan dari negara lainnya. Sehingga Anda tak perlu khawatir karena aneka masakan Indonesia pilihan dapat terus Anda nikmati sesuai selera dan keinginan Anda.

Updated: 07/06/2012 — 9:51 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme