Fakta Menakjubkan Tentang Tubuh Kita

Banyak orang yang merasa sudah mengenal dirinya sendiri, padahal apa yang sesungguhnya diketahuinya hanyalah bagian paling kecil dari apa yang dimilikinya. Dunia ilmu pengetahuan telah banyak mengungkap banyak hal tentang rahasia tubuh manusia, di bawah ini cukilan dari sebuah buku almanak tentang tubuh manusia seperti dikutip harian Kompas.

PARTIKEL KULIT : Seseorang yang berukuran nomal dapat melepaskan sekitar 600.000 partikel kulit setiap jamnya, yang bila dijumlahkan dalam setahunnya menjadi 700 gram. Pada usia 70 tahun ia kehilangan 50 kg kulit atau sekitar 2/3 berat tubuhnya.

Rambut : Orang akan kehilangan rambutnya 45 helai setiap hari, bahkan pada beberapa orang dapat kehilangan 60 helai. Tetapi karena rata-rata kulit kepala mengandung 125.000 rambut, maka kehilangan itu tidak terlalu diperhitungkan. Dan sepanjang hidupnya seseorang bisa kehilangan rambut sebanyak kurang lebih 1,5 juta helai rambut.

Sel Darah Merah : Sel darah merah yang mengalir dalam tubuh kita memiliki masa hidupnya sekitar empat bulan, dan jika perjalanan dalam tubuh kita itu dihitung maka sel dalah merah telah menempuh perjalanan sejauh 1.600 Km.

Sel Syaraf Otak : Manusia memiliki sel syaraf otak sebanyak 10 milyar yang tersimpan lebih rapat dibanding jaringan lain dalam tubuh, mempunyai kemampuan merekam lebih dari 86 juta bit informasi(sekitar 11 juta hurup) setiap harinya. Kemampuan memori manusia selama hidupnya diperkirakan dapat menampung 100 trilyun bit informasi (12,5 trilyun huruf)

Metabolisme Otak : Bila metabolisme otak diubah menjadi energi, maka energi itu setara dengan yang dikeluarkan bola lampu 20 watt.

Menghidup Udara : Tenggorokan adalah jalan yang paling sibuk dalam tubuh. Melalui mulut, lalu turun ke tenggorokan. Orang dapat menghabiskan 40 ton makanan selama hidupnya, dan dapat menghirup udara sekitar 500.000 meter kubik udara.

Bersin : Pada saat kita bersin dengan kuat partikel yang terlontar memiliki kecepatan 165 km per jam.

Rangkaian Saraf Otak : Rangkaian saraf otak yang sampai saat ini baru sebagian dipetakan oleh ahli saraf, 1.400 lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan telepon dunia saat ini.

Sensitivitas Mata : Setelah satu menit terjadi kegelapan, sensitivitas mata terhadap cahaya meningkat 10 kali, setelah 20 menit ia meningkat 600 kali, dan mencapai batas sensitivitasnya hingga 25.00 kali dari sebelum ada kegelapan setelah 40 menit.

Reaksi Kimia Otak : Pada saat ini di otak kita setiap detiknya berlangsung sekitar 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

Berbicara Serentak : Jika semua orang di bumi ini, yang berjumlah sekitar 4,6 milyar, berbicara serentak, maka akan menghasilkan energi akustik yang menyamai energi satu pembangkit listrik tenaga kecil.

Sensor Panca Indera : Dari semua data sensori yang secara tetap diterima kelima panca indera, hanya satu persen saja yang diolah oleh otak. Lainnya yang 99 persen dianggap tidak relevan.

Bakteri : Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteri, sehingga untuk seluruh tubuh total bakteri mencapai 100 milyar bakteri atau sekitar 22 kali jumlah penduduk dunia.

Sensor Alat Penciuman : Bidang sensori yang memungkinkan kita mencium bau, luasnya hanya 4,7 cm persegi. Pada anjing pemburu 62,5 cm persegi dan hiu 150 cm persegi, sementara kelinci memiliki reseptor bau seluas permukaan kulit di seluruh tubuhnya.

Sensori Cahaya : Diperlukan tempo seperlima ratus detik bagi otak untuk mengenali suatu benda setelah cahaya dari benda itu masuk ke mata untuk pertama kalinya.

Jantung : Jantung setiap harinya menghabiskan energi yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir 1 ton ke ketinggian 13 meter. Pada umur 50 tahun jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. Berat itu sendiri beberapa kali lebih berat di banding muatan terberat yang pernah di tempatkan di orbit bumi.

Mata : Mata manusia tergolong sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal ia bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung di malam dari nyala sebatang korek api pada jarak 80 km.

Menghirup Udara : Pada saat kita berbaring. Tubuh kita menuntut agar kita menghirup udara sekitar delapan quart (1 quart=0,9463 liter) tiap menit. Kalau kita bangun duduk (sit-up) diperlukan 16 quart udara tiap menit. Kalau kita berjalan diperlukan 24 quart, dan kalau berlari tubuh memerlukan 50 quart udara per menitnya.

Satu inci kulit manusia : Satu inci persegi atau 6,25 persegi kulit, dua kali luas kuku ibu jari; mengandung 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf dan lebih dari 1.000 ujung saraf, 65 penghasil minyak serta, 6 meter pembuluh darah.

Kematian : Seseorang akan meninggal akibat tanpa tidur lebih cepat dibandingkan kelaparan. Kematian akan terjadi setelah sekitar 10 hari tanpa tidur, sementar seseorang akan meninggal setelah beberapa minggu tidak makan.

Kecepatan Otak :Impuls saraf paling cepat dari saraf ke saraf di otak berkecepatan 400 km per jam.

Hubungan badan : Selama 10 menit orang melakukan hubungan intim dapat membangkitkan energi tidak kurang dari 3.000 watt, dimana energi yang dihasilkan sebanyak itu dapat dipergunakan menjalankan semua peralatan elektronik rumah tangga; kulkas, tv, ac, tape stereo, dll. Selama 10 menit.
Sumber: Situslakalaka

Updated: 21/05/2012 — 7:40 am
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme