Fakta-fakta Menarik Tentang Tiktok

Teknologi saat ini semakin canggih dan memiliki berbagai dampak. Saat ini tentunya setiap orang memiliki smartphone mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Di era modern ini, banyak aplikasi atau platform bermunculan.

Aplikasi tersebut juga bisa membuat orang tiba-tiba menjadi artis di dunia maya. Bahkan dalam sekejap, seseorang dapat memiliki banyak pengikut. Salah satu aplikasi yang saat ini sedang viral adalah Tik Tok. Awalnya, Tik Tok banyak digunakan di China.

Tik Tok sendiri awalnya menggunakan bahasa Cina, tetapi sekarang bahasa Inggris tersedia. Tik Tok adalah platform sosial video pendek yang didukung oleh musik. Baik itu musik untuk menari, gaya bebas, atau pertunjukan. Pengguna didorong untuk berimajinasi dengan bebas dan mengekspresikan ekspresinya secara bebas dan nantinya dapat dibagikan dengan teman atau di seluruh dunia.

Tik Tok sendiri diklaim oleh developernya mampu melakukan pengenalan wajah dengan kecepatan tinggi yang akan ditampilkan pada fitur wajah yang menarik seperti ekspresi imut, keren, konyol dan memalukan.

Tik Tok juga memiliki efek khusus yang dapat digunakan pengguna untuk membuat video pendek agar videonya lebih menarik. Selain itu, Tik Tok juga menyediakan musik latar dari berbagai artis ternama dalam berbagai kategori mulai dari DJ, Dance, R&B, Western, Cute, KKC, Addict, Popular dan masih banyak lagi.

Lalu kenapa Tik Tok bisa viral? Awalnya, Tik Tok menghadirkan tantangan pada pembuatan video viral “Fool in Love” yang diluncurkan bertepatan dengan April Mop. Saat itu, pengguna Tik Tok di seluruh Asia mengunggah video lucu dan lucu dengan tagar #foolinlove.

Dalam video tersebut, Tik Toker memainkan peran lucu dengan meletakkan dagu di tangan dalam berbagai gaya. Aktor Korea Yoo Seon Ho secara kreatif menggunakan saus tomat dan kentang goreng sebagai efek darah untuk menghidupkan skenario dalam videonya sementara Bayu Skak menggunakan efek khusus Tik Tok untuk membuat dan mengedit video yang menakutkan namun lucu.

Aplikasi TikTok belakangan ini semakin diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Keunikan aplikasi yang mampu menyajikan berbagai video hiburan menarik ini membuat jutaan pengguna hingga ke ranah selebritis pun menggunakan aplikasi ini.

Namun, dibalik kesuksesannya, TikTok juga punya banyak fakta menarik yang patut kamu ketahui, lho! Berikut ulasannya:

  1. Diunduh 2 Miliar Kali

Tercatat hingga April 2020, TikTok sudah diunduh sebanyak 2 miliar kali. Bahkan pada 2019, TikTok berhasil meraih 738 juta unduhan, mengalahkan Instagram yang hanya mencapai 500 juta.

  1. Mayoritas penggunanya adalah Generasi Milenial

Karena fitur praktis untuk mengedit video, tidak heran pengguna TikTok didominasi oleh generasi milenial. Data dari Globalwebindex menunjukkan bahwa 41 persen penggunanya adalah remaja berusia 16 tahun – 24 tahun.

  1. Tersedia hampir di seluruh dunia

Peningkatan jumlah pengguna TikTok ini juga karena ketersediaannya di hampir seluruh lapisan dunia. Data bahkan mencatat layanan TikTok tersedia di 154 negara, termasuk Indonesia. Sayangnya, operasi TikTok kini harus dilarang dan dihentikan di sejumlah negara, termasuk India.

  1. Berasal dari China

Banyak yang mengira aplikasi TikTok ini berasal dari Amerika Serikat, padahal aplikasi ini dibuat oleh perusahaan asal China bernama Bytedance. Awalnya pada tahun 2016, aplikasi ini memang bernama dengan nama Douyin, dan setelah diluncurkan ke seluruh dunia, aplikasi ini semakin terkenal dengan nama TikTok.

  1. Meraih Gelar dan Penghargaan

Berkat kesuksesannya yang semakin meningkat, terutama pada saat pandemi Covid-19, aplikasi TikTok akhirnya berhasil meraih penghargaan Most Valuable Startup in The World. Tak heran, nilai valuasinya kini mencapai US $ 110 miliar.

Itulah beberapa fakta menarik seputar aplikasi TikTok. Tidak hanya menghibur, TikTok juga bisa menjadi ajang uji coba kreatif bagi Anda para pembuat konten. Manfaatkan aplikasi ini semaksimal mungkin, agar TikTok juga bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda di era digital seperti sekarang.