5 Prinsip Investasi Yang Wajib Anda Ketahui

Seperti yang telah bisa Anda lihat bahwa sekarang ini animo masyarakat di Indonesia terhadap dunia investasi memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya masyarakat yang melakukan investasi di berbagai bidang.

Investasi sendiri merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat bagi masyarakat yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola bisnis secara langsung karena investasi memang tidak terlalu menyita waktu Anda untuk melakukan pekerjaan utama.

Perlu Anda ketahui bahwa investasi merupakan kegiatan menanamkan modal dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Sekarang ini Anda telah bisa menemukan berbagai macam jenis investasi seperti misalnya tanah, emas, deposito, saham, dan berbagai jenis investasi lainnya.

Namun tentu saja Anda tidak boleh memilih investasi secara asal-asalan di mana Anda harus mempertimbangkan berbagai hal. Jika Anda ingin sukses dalam berinvestasi, maka berikut ini akan kami ulas mengenai 5 prinsip investasi yang wajib Anda ketahui.

Berikut Adalah 5 Prinsip Investasi Yang Wajib Anda Ketahui

  1. Pahami Bahwa Investasi Merupakan Sebuah Komitmen

Prinsip pertama dalam berinvestasi yang harus Anda ketahui adalah memahami bahwa investasi merupakan sebuah komitmen.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan investasi sama halnya dengan membangun sebuah hubungan yang mana keduanya membutuhkan kesabaran dalam prosesnya. Pada umumnya investasi memang baru bisa dinikmati hasilnya dalam jangka masa yang panjang.

  1. Berinvestasi Jika Memiliki Tabungan Yang Cukup

Setiap orang tentu saja memiliki tolak ukur yang berbeda mengenai berapa jumlah tabungan yang cukup agar Anda bisa melakukan investasi.

Namun demikian sangatlah penting untuk memiliki tabungan yang jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda setidaknya untuk beberapa bulan ke depan sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggeluti dunia investasi.

  1. Perhatikan Tingkat Inflasi

Jika Anda ingin menggeluti dunia investasi, maka Anda harus memperhatikan tingkat inflasi. Hal yang satu ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan karena adakalanya bunga yang Anda peroleh dari tabungan memiliki jumlah yang tidak terlalu signifikan. Inflasi sendiri menjadi sebuah alasan mengapa investasi perlu dilakukan karena investasi akan menjaga nilai aset Anda di masa yang akan datang.

  1. Perhitungkan Tingkat Resikonya

Sama halnya dengan dunia bisnis, dunia investasi juga tidak terlepas dari segala bentuk resiko yang ada. Namun perlu Anda ketahui bahwa masing-masing instrumen investasi yang tersedia saat ini memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda antara instrumen yang satu dengan yang lain. Oleh karena itulah Anda harus mampu menghitung seberapa besar resiko yang mampu Anda tanggung dalam dunia investasi.

  1. Lakukan Diversifikasi

Bagi Anda yang sudah mengenal dunia investasi, pastinya pernah mendengar nasehat yang mengatakan bahwa jangan menaruh semua telur di keranjang yang sama.

Nasehat tersebut mengandung makna yang sangat mendalam di mana Anda sebagai seorang investor tidak boleh melakukan satu jenis investasi yang sama, namun Anda harus melakukan diversifikasi dengan jenis investasi lainnya.

Jika Anda mulai tertarik dengan dunia investasi, maka hendaknya Anda harus mengetahui beberapa prinsip investasi yang ada di atas. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Updated: 24/03/2019 — 10:21 am