4 Cara Mudah Meningkatkan Omset Penjualan

cara meningkatkan omset penjualan online

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online

Omset penjualan yang menurun akan berpengaruh pada bisnis. Mulai dari perputaran modal yang terhambat, stok yang tak kunjung habis, hingga biaya operasional dan laba yang terbatas. Jika dibiarkan, omset menurun akan membuat bisnis perlahan terpuruk hingga gulung tikar.

Maka sudah sepatutnya bagi pebisnis untuk mencari solusi agar penerimaan omset tidak stagnan bahkan memburuk. Banyak cara dalam meningkat omset penjualan. Cara tersebut dimulai dari bagaimana kita dalam mengidentifikasi penyebabnya.

Pasalnya omset yang menurun pasti disebabkan oleh beberapa faktor. Baik itu faktor promosi, produk yang kurang menarik, hingga kurangnya minat pembeli karena harga yang dinilai terlalu mahal. Agar omset penjualan tetap baik, anda mesti konsisten dalam melakukan promosi, branding, sampai berinovasi dengan berbagai hal.

Dengan cara tersebut, kita akan mudah menemukan cara dalam meningkatkan omset. Berikut ulasan cara selengkapnya untuk meningkatkan omset penjualan.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

  1. Promosi dan branding yang kuat

Omset menurun bisa disebabkan karena kurang tahunya calon konsumen dengan apa yang anda tawarkan. Hal ini bisa dikarekana promosinya yang kurang optimal dan upaya branding yang lemah.

Cobalah media sosial untuk lebih mendekatkan hubungan dengan konsumen. Membuat website dan mengikuti bazar juga menarik untuk dijalankan. Cobalah menata brand anda agar lebih dikenali sehingga makin banyak peluang penjualan tercipta.

  1. Perbaiki kualitas produk dan layanan

Cobalah introspeksi bagaimana produk dan layanan anda. Setiap konsumen tentu menginginkan layanan yang berkualitas. Maka dari itu sebisa mungkin perbaiki kualitas produk anda. Lakukan cross check kualitas produk dan perketat quality control-nya.

Di ranah pelayanan pun mesti diperbaiki agar semakin menarik minat konsumen. Jika produk dan layanannya baik, anda memiliki pegangan kuat untuk meyakinkan konsumen dalam membeli.

  1. Adakan promo menarik

Menurunnya daya beli konsumen bisa disebabkan karena harga produk atau jasa yang terlalu tinggi. Agar mampu menarik banyak konsumen, anda bisa mengadakan promo. Misalnya discount, bundling, atau layanan voucher.

Potongan harga sampai paket bundling akan dinilai lebih terjangkau oleh sebagian besar konsumen. Dengan cara tersebut daya beli pun akan terpancing dan mampu menolong omset penjualan anda.

  1. Cobalah produk baru

Omset yang menurun bisa disebabkan karena konsumen bosan dengan tawaran produk yang itu-itu saja. Agar minat konsumen semakin besar terhadap apa yang anda tawarkan, cobalah tawarkan produk baru. Atau buatlah inovasi dari produk yang anda jual.

Semakin banyak variannya maka konsumen makin tertarik membeli produk anda. Untuk jasa pun juga berlaku demikian. Cobalah berikan penawaran menarik untuk layanan jasa agar konsumen tidak beralih ke pesaing anda.

Demikian beberapa cara meningkatkan omset penjualan agar tidak semakin terpuruk dan mempengaruhi bisnis anda. Semoga bermanfaat.

Updated: 05/12/2018 — 7:09 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme