Sholat

Sholat adalah ibadah agung dan mulia, salah satu rukun di antara rukun Islam. Mendirikan  sholat merupakan kewajiban, meninggalkannya suatu bentuk kekafiran. Sholat adalah hubungan kedekatan antara hamba dan Alloh SWT, dimana hamba bermunajat kepada-Nya, pencegah berbagai kekejian dan kemunkaran, cahaya bagi kaum mukminin saat berada di dalam kubur dan di padang mahsyar, ruang kegembiraan dan penyejuk jiwa mereka serta penghapus berbagai dosa dan kesalahan.

Alloh SWT berfirman:

“(Kitab(Al-Qur’an) Ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang ghoib, yang mendirikan sholat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS.Al-Baqoroh[2]:2-3)

sholat

Rosululloh bersabda:

“Islam dibangun atas lima pilar, syahadat La Ilaha Illalloh dan syahadat Muhammad Rosulluloh, mendirikan sholat, menunaikan zakat, shoum Romadhon dan haji”. (HR.Bukhori dan Muslim)

“Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian sedang sholat, sebenarnya ia sedang bermunajat(berbisik) kepada Robb nya”. (HR.Bukhori)

Sholat adalah ibadah yang pertama kali di hisab pada hari kiamat

Rosullulloh SAW bersabda:¬†“Yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika ia baik, maka baiklah seluruh amalnya dan jika ia(sholatnya) rusak, maka rusaklah seluruh amalnya.” (HR.Thobroni dengan sanad hasan).

Ketika Rosullulloh SAW akan menghembuskan nafasnya yang terakhir, beliau sempat berpesan dengan suara lirih, “Jagalah sholat, jagalah sholat dan hamba sahaya kalian.”

Sholat adalah unsur pencegah yang kuat dari perbuatan fahisyah(keji) dan kemunkaran.

Alloh SWT Berfirman:“Sesungguhnya sholat itu mencegah(pelakunya)dari perbuatan keji dan munkar.”(QS.Al-‘Ankabut[29]:45)

Ingatlah oleh kalian ancaman bagi orang yang meninggalkan sholat!!

1. Barangsiapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja, maka ia telah kafir dan keluar dari Islam. Rosullulloh SAW bersabda:
“Perjanjian antara kita dan mereka(orang-orang kafir)adalah sholat; barangsiapa yang meninggalkannya maka benar-benar ia telah kafir.”(HR.Ahmad,Abu Dawud,Nasa’i, Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Abdullah bin Syaqiq (seorang tabi’in)berkata,“Para shohabat Nabi SAW berpendapat bahwa tidak ada satupun amal yang bila ditinggalkan menyebabkan kekafiran, selain sholat.”
2. Pada hari kiamat, ia akan dikumpulkan bersama tokoh-tokoh kafir karena termasuk dari golongan mereka.
Rosullulloh SAW bersabda tentang sholat:
“Barangsiapa yang menjaganya maka ia menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari kiamat, dan barangsiapa tidak menjaganya, maka ia tidak akan mendapatkan cahaya, bukti dan keselamatan, dan pada hari kiamat ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubai bin Khalaf.”(HR. Ahmad, Thobroni dan Ibnu Hibban dengan sanad jayyid).
3. Dibakar di api neraka selamanya.
Saudaraku kaum muslimin… Jagalah sholatmu agar engkau selamat di dunia dan akhirat. Tiada kebahagiaan tanpa sholat. Sholat adalah obat penenang yang ampuh sekali. karena padanya terkumpul dzikir-dzikir yang luhur dan dzikir adalah penenang hati yang terampuh. “Bukankah dengan berdzikir hati menjadi tenang.”(QS.Ar-Ra’d[13]:28)

Updated: 07/06/2012 — 9:31 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme