Potret Buram Penggila Sepakbola

Baru saja saya melihat berita tentang seorang penggila sepakbola di Cina yang meninggal di usia cukup muda (26 tahun). Menurut sumber, si pemuda ini meninggal karena terlalu lama begadang hanya untuk menonton siaran langsung sepakbola(Euro 2012). Ya, si pemuda rela begadang selama 11 hari untuk menonton siaran langsung sepakbola kesayangannya. Jiang Xiaoshan, nama fans tersebut, yang diketahui menjagokan timnas Inggris dan Prancis pada turnamen terakbar antarnegara Eropa itu, dilaporkan meninggal akibat kelelahan.

kesebelasan sepakbolaSeperti halnya di Indonesia, kick-off laga-laga di Polandia-Ukraina pun berlangsung pada dinihari waktu Cina. Sebagai seorang gibol alias penggila sepakbola, Xiaoshan, yang tinggal di kota Changsha, ogah melewatkan satu pun pertandingan. Setiap malam ia selalu menonton laga demi laga dengan teman-temannya, lalu pergi bekerja pada pagi harinya. Akibatnya, tubuh si pemuda akhirnya tak bisa lagi menahan kebiasaan tersebut.

Penyebab Kematian Penggemar Sepakbola

Setelah menonton duel Republik Irlandia kontra Italia di fase penyisihan, Selasa (19/6) dinihari waktu Cina, si pemuda tersebut pulang ke rumah pada pukul 05.00 dini hari lalu mandi. Karena tak kuat menahan kantuk, ia tertidur dan tak bangun lagi.

Tentu saja hal ini membuat kawan-kawannya sangat syok mendengar berita duka ini. Menurut mereka, Xiaoshan menjalani pola hidup yang termasuk relatif sehat, bahkan almarhum sempat menjadi anggota tim sepakbola di universitas semasa kuliahnya.

Walaupun begitu, beberapa sumber meyakini hal ini disebabkan oleh efek alkohol dan rokok, dikombinasikan dengan kelelahan kronis, adalah pemicu kematian Xiaoshan karena  dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

Sungguh ironis, pertandingan sepakbola yang merupakan olahraga yang sangat digemari di banyak negara dan tentunya sangat menyehatkan ini, disikapi kurang bijaksana oleh para penggemarnya. Sangat perlu untuk diingat bahwa sebagai umat muslim kita di wajibkan untuk menggunakan waktu yang diberikan dengan sebaik mungkin, karena semua waktu kita akan dimintai tanggung jawab di akhirat nanti.

[ad code=2 align=center]

Updated: 03/07/2012 — 10:11 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme