Pergi Tak Kembali

Apakah yang setiap kali pergi tapi tak pernah kembali??? Jawabnya adalah waktu. Ya, waktu adalah sesuatu yang unik karena dia tidak pernah kembali dan waktu adalah salah satu hal yang menurut saya lebih berharga dari pada uang. Banyak orang , termasuk saya yang masih belum bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Padahal sudah jelas di sebutkan dalam Al-Qur’an bahwa kita sebagai makhluk-NYA wajib untuk beribadah selama kita hidup, dan ada salah satu hadits yang menyuruh kita untuk menuntut ilmu selama hidup yang termasuk dari ibadah juga.

Banyak diantara kita yang masih tak peduli dengan waktu seolah-olah waktu kita takkan ada habisnya, dan beruntunglah manusia yang khawatir akan waktu. Karena dengan khawatir akan waktunya dia akan berfikir untuk menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Banyak diantara kita yang lebih sering bersenda gurau daripada membaca buku jika ada waktu luang, bahkan bangsa kita sudah terbiasa dengan istilah “jam karet” yang berarti tidak tepat waktu, jika demikian maka akan sulit bagi bangsa ini untuk maju. Jika kita lihat negara Jepang yang notabene adalah negara maju, kita akan lihat masyarakatnya jika ada di kendaraan umum mereka lebih senang membaca buku daripada bersenda gurau. Sungguh, waktu akan mengalahkan kita jika kita tidak dapat mengendalikannya.

Sungguh ironis melihat bangsa yang notabene berpenduduk muslim terbanyak di dunia ini masih berkutat dengan kemiskinan dan kebodohan. Padahal Islam telah memberi satu paket pedoman yang sangat sempurna. Jika saja bangsa ini bisa lebih menghargai waktu maka sedikit banyak akan sangat membantu kita untuk keluar dari keterpurukan, sedih juga saya melihat status teman-teman di facebook yang kebanyakan isinya adalah status yang tidak penting, dan tentunya membuang waktu.

Jadi mulai sekarang kenapa kita tidak mulai untuk menghargai waktu yang sedikit ini, mengutip kata Aa Gym “mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang!”. Maka tak ada waktu lagi untuk kita untuk menyia-nyiakan waktu. So, berubahlah teman!!!

Updated: 07/06/2012 — 8:31 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme