Menyelami Kemuliaan Ramadhan

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Alloh mewajibkan puasa atas kalian di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka Jahim ditutup, setan-setan dibelenggu dan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang diharamkan mendapatkan kebaikan malam itu, maka ia telah diharamkan.”(HR. Ahmad, dishahihkan al-Arna’uth)

Marhaban Yaa RamadhanKeutamaan Bulan Ramadhan 

Alloh Subhanahu Wata’ala berfirman, artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya di turunkan permulaan al-Qur‘an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (QS. al-Baqarah: 185)

Terbukanya Pintu Surga dan Tertutupnya Pintu Neraka

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinva:

“Semenjak malam pertama bulan Ramadhan setan-setan dan jin yang durhaka dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tiada satupun pintu yang terbuka dan ada penyeru yang berseru, ‘Wahai pencari kebaikan, kemarilah. Wahai pencari keburukan, kembalilah.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan al-Albani)

Bulan Pengampunan Dosa dan Pembebasan dari Neraka

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Alloh maka diampuni dosanya yang telah lalu.”(HR. al-Bukhari dan Muslim)

Beliau juga bersabda, artinya:

“Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Alloh, maka diampuni dosanya yang telah lalu.”(HR. al-Bukhari dan Muslim)

Kesempatan Menjadi Kekasih Alloh

Seorang laki-laki datang kepuda Rosululloh seraya berkata,

“Wahai Rosululloh, bagaimana pendapatmu bila saya bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Alloh dan bahwa engkau adalah utusan Alloh, saya juga mendirikan shalat lima waktu, menunaikan zakat, berpuasa dan bangun malam di bulan Ramadhan, termasuk golongan siapakah saya? “. Beliau bersabda, “Termasuk golongan orang-orang yang jujur (shiddiq) dan syahid.”(HR. Ibnu Hibban, dishahihkan al-Albani) 

Pembebasan dari Neraka di Setiap Malamnya

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Alloh mempunyai hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka pada setiap kali waktu berbuka.”(HR. Ahmad, dishahihkan al-Albani)

Ramadhan Bulan Terkabulnya Doa

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Sesungguhnya Alloh mempunyai hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka setiap hari dan setiap malam, masing-masing hamba itu memiliki doa yang dikabulkan.” (HR. Ahmad, dishahihkan al-Albani)

Puasa Memberi Syafaat Kepada Pelakunya

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Puasa dan al-Qur’an memberi syafaat kepada hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Robbku, aku telah menahannya dari makan dan syahwat pada siang hari, maka berikanlah syafaat kepadaku untuknya.’ al-Qur‘an berkata, ‘Wahai Robbku, aku telah menahannya dari tidur di malam hari, maka berikanlah syafaat kepadaku untuknya. ‘Lantas keduanya memberi syafaat kepada hamba tersebut.”(HR. Ahmad, dishahihkan al-Albani)

Mendapatkan Kegembiraan Dunia-Akhirat

Rosululloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, artinya:

“Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kegembiraan, yaitu: (1) ketika berbuka ia gembira karena berbukanya; dan (2) ketika menghadap Robbnya ia bergembira dengan puasanya. (HR. Al-Bukhari)

Meraih Syafaat al-Qur’an

Ibnu Rajab juga membawakan sebuah hadits:

“Rosululloh adalah manusia yang paling dermawan, sedangkan pada bulan Ramadhan, ketika Jibril menemuinya, beliau menjadi lebih dermawan lagi. Adapun Jibril selalu menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mengajarinya al-Qur ‘an. Adalah Rosululloh, ketika Jibril menemuinya, lebih dermawan dari angin yang berhembus.” (HR. al-Bukharj dan Muslim) 

Updated: 25/07/2012 — 2:09 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme