Jauhilah Berbuat Zalim

[ad code=1 align=center]

Zalim secara bahasa adalah meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya yang syar’i. Sedangkan secara istilah syar’i adalah suatu ungkapan untuk pelanggaran terhadap batasan-batasan Alloh atau melampaui segala batasan syar’i. Oleh karena itu, segala bentuk kemaksiatan dan keburukan dianggap sebagai kezaliman. Sama saja hal tersebut kecil atau besar, sedikit maupun banyak.

Macam-macam Perbuatan Zalim

1. Kesyirikan

jauhi berbuat zalimInilah yang disebut dengan kezaliman terbesar terhadap Alloh SWT. “Sesungguhnya kesyirikan itulah kezoliman yang amat besar.”(QS.Luqman[31]:13). Alloh menamakan syirik sebagai kezaliman yang paling besar karena asal kata dari zalim adalah menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Barangsiapa berbuat syirik maka dia telah menempatkan rububiyyah Alloh (hak-hak ketuhanan Alloh) kepada makhluk yang amat lemah dan hina. Dan terjatuh dalam kezaliman yang paling besar karena tidak ada dalam dirinya penegakkan tauhid dan ibadah yang dia diciptakan untuknya. Selain hal tersebut Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik ini sebelum bertaubat.

2. Kezaliman Dalam Masalah Darah

Inilah bentuk kezaliman dalam mu’amalah yang paling parah. Karena yang pertama kali di hari kiamat adalah masalah darah. Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pertama kali yang akan diadili di antara manusia ketika hari kiamat adalah masalah darah.”(HR. Bukhori) Kezaliman tersebut bisa berupa pembunuhan, baik membunuh diri sendiri atau orang lain. Begitu juga melukai orang pada tubuhnya atau menghilangkan sebagian anggota tubuh bukan dalam rangka pengobatan. Sama halnya kezaliman tersebut terjadi pada muslim atau kafir. Karena secara kemanusiaan, darah seorang kafir terjaga kecuali dengan hal-hal yang dibolehkan syariat, misalnya ketika jihad.

3. Kezaliman Dalam Hal Harta

Harta memang terkadang membuat orang terpana. Bukan hanya orang yang jahil dengan agama, orang sholih sekalipun banyak yang terlena dengan godaan harta. Dari sisi inilah biasanya muncul prilaku zalim antar manusia. Oleh karena itu, Alloh melarang memakan harta dengan cara yang batil, karena ini adalah kezaliman. Adapun memakan harta dengan cara yang batil ada beberapa macamnya, seperti mencuri, menjambret, menipu, korupsi, suap, pembobolan rekening bank dan lainnya yang kebanyakan telah membudaya dalam masyarakat kita dari tingkat RT sampai pejabat negara, na’udzubillah!!

4. kezaliman Dalam Kehormatan Seseorang

Yang dimaksud dengan kehormatan adalah harga diri seseorang dalam segala hal, seperti dalam akhlaknya, pribadinya,  keluarga dan segala hal yang menyangkut dengan harkat dan martabatnya. Berbuat zalim dalam kehormatan ada berbagai macam jenis, diantaranya adalah berzina. Zina adalah bentuk kezaliman dalam kehormatan yang paling keji, karena zina merusak nasab seseorang juga merampas harga diri dan kesucian seorang wanita, serta menyebabkan anak kehilangan hak-haknya. Begitu juga  kezaliman dengan ucapan yaitu menzalimi harga diri seseorang dengan mencelanya, menjulukinya dengan julukan yang buruk, mengadu domba dan semisalnya.

Waspadalah Terhadap Perbuatan-Perbuatan Zalim

Saudaraku tercinta…berhati-hatilah terhadap orang yang terzalimi. Jika keluar doa dari mulutnya, maka kalimat doa tersebut terbang ke langit menembus angkasa, mengetuk pintu Alloh dan akan di ijabahi apa yang diminta dalam doanya.
[ad code=1 align=center]

Updated: 07/06/2012 — 9:51 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme