Jangan Kau Kira

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian Dia bersemayam di atas ‘arsy. Dia mengetahui apa yang masuk kedalam bumi dan apa yang keluar daripadanya. Dan apa-apa yang turun dari langit serta apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Alloh Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”(QS.al-Hadid:4)

Saudaraku…

Alloh Dzat Yang Maha MengetahuiAlloh SWT adalah Robbul ‘aalamiin. Dia maha sempurna atas segalanya. Tidak ada satu kejadianpun tanpa pengawasan-Nya.   Bahkan Dia bisa melihat semut hitam yang berjalan di atas batu hitam di langit yang kelam. Tak ada selembar daun pun jatuh ke bumi tanpa Alloh melihatnya. Tidak pula daun kering ataupun basah kecuali Alloh melihatnya.

Jika sudah demikian, masihkah kita merasa tenang  untuk berbuat maksiat kepada-Nya? Masihkah kita berani untuk mendustakan agama-Nya? Ketahuilah saudaraku, setiap amal perbuatan tak akan luput  dari pengawasan-Nya. Apapun, kapanpun dan dimanapun kita beramal, pasti Alloh mengetahuinya. Timbanglah setiap amal perbuatanmu. Ukur dan amati, jangan sampai amal keburukan lebih dominan dari amal kebaikanmu.

Alloh  Maha Mendengar

Jangan kau kira tak didengar…

“Yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Alloh(kuasa) memasukkan siang ke dalam  malam dan Alloh Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”(QS. al-Hajj:61)

Alloh, Dialah yang Maha mendengar dan Maha Melihat. Tak ada satupun ucapan atau bisikan yang luput dari pendengaran-Nya. Setiap doa yang kita panjatkan pasti Alloh dengar. Keinginan yang kuat dalam hati, bisikan sampai lantunan doa yang kita lafadzkan, semuanya tak akan luput dari pendengaran-Nya. Begitupun sebaliknya, jika kita melakukan kemunkaran melalui lisan kita, baik itu ghibah, namimah(adu domba) dan lain-lain, niscaya Alloh akan mengetahui dengan sedetail-detailnya. Oleh karena itu, perhatikanlah setiap ucapan kita, jangan sampai yang keluar dari mulut kita adalah keburukan dan kata-kata kotor. Hiasi dengan perkataan yang baik seperti nasihat dan kebaikan yang lain.

Alloh Maha Mengetahui

Jangan kau kira kau tak diketahui…

“Dan (ingatlah), ketika Ibrohim meninggikan(membina) dasar-dasar Baitulloh bersama Ismail(seraya berdoa): “Ya Robb kami, terimalah daripada kami(amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(QS. al-Baqoroh:127)

Alloh senantiasa mengawasi diri kita. Setiap polah dan tingkah laku kita, semuanya terpantau dan diketahui oleh Sang Pencipta, Dialah Alloh. Tidak seorang pun dapat berbicara tanpa sepengetahuan Alloh. Dia mengetahui bukan hanya semua perkataan, melainkan semua pikiran, termasuk yang berada di alam bawah sadar, yang sebagian tidak kita sadari. Dengan demikian, perilaku orang-orang yang beriman harus benar-benar didasari keikhlasan dan kerendahan hati di hadapan-Nya. Karena Dia lah yang menciptakan dan mengetahui segala sesuatu, tidaklah mungkin kita berpura-pura di hadapan-Nya.

Jangan kau kira semua nikmat tak ditanya…

“Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan didunia itu).” (QS. at-Takaatsur)

Semua kenikmatan yang dimiliki, baik itu berupa kesehatan, harta maupun kedudukan, maka semuanya akan dimintai pertanggung jawaban. Digunakan untuk apakah kenikmatan tersebut? Apakah digunakan di jalan Alloh? Atau malah disia-siakan di jalan maksiat. Semuanya akan di pertanggung jawabkan. Oleh karena itu, pandai-pandailah bersyukur. Niscaya anda akan bahagia, di dunia maupun diakhirat sana.

Updated: 07/06/2012 — 9:49 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme