Bersyukurlah Niscaya Akan Bertambah Nikmat

Assalamu’alaikum teman!

Tulisan kali ini adalah sebagai pengingat bagi diri saya pribadi secara khusus dan teman semua pada umumnya. Yah bersyukurlah niscaya akan bertambah nikmat yang kau terima. Seperti yang tertulis didalam kitab suci Al-Qur’anul Karim berikut: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku“.(Al-Baqoroh:152).

bersyukurlahAda beberapa manfaat yang bisa didapat jika  rajin bersyukur, biasanya jika kita mensyukuri nikmat yang Alloh beri, maka akan tercipta sikap merasa cukup dengan apa yang telah Alloh berikan(qona’ah). Fisik dan pikiran kita juga tidak akan lelah karena memikirkan harta orang yang bukan milik kita. Kita akan terhindar dari sifat hasad, iri, dan dengki. Dan kita tidak akan berlebihan dalam memperlakukan dunia yang fana ini, yang dimata Alloh lebih hina daripada sayap serangga.

Setelah syukur, di ayat berikutnya Alloh menyuruh kita untuk bersabar: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yang sabar”. (QS.Al-Baqoroh:153)

Adakalanya Alloh menguji kita untuk mengetahui kadar keimanannya, dalam kesulitan itulah akan terlihat yang sesungguhnya dari hamba-Nya tersebut, apakah dia bersabar atau dia kufur. Sungguh besar kemalangan jika kita harus kufur hanya karena sedikit ujian yang Alloh berikan. Bukankah Alloh telah berfirman: Dan sungguh Kami akan berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan,  kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman“.(QS. Al-Baqoroh:155). Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:”Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun.(QS.Al-Baqoroh:156). Sesungguhnya cobaan yang diberikan kepada kita masih belum ada apa-apanya dibanding cobaan yang diberikan kepada Rosullulloh shollallohu’alaihi wasallam, lantas mengapa kita bersikap bodoh dengan kufur kepada Alloh??

Bersabar dan bersyukurlah saudaraku!!

Sungguh ironis jika melihat ada orang yang notabene muslim namun miskin dan sengsara didunia, lantas diapun menganggap Alloh tidak sayang kepadanya( kufur nikmat) padahal setiap tarikan nafasnya adalah nikmat dari Alloh, betapa ruginya orang seperti ini, didunia sengsara dan diakhirat pun siksa neraka yang sangat pedih siap menanti, naudzubillah!!

Ada begitu banyak saudara kita yang seperti itu, disaat ditimpa kesulitan ekonomi, mereka mencari pertolongan dengan cara-cara yang salah. Ada yang mendatangi kuburan, dukun, memberi sesajen, mengamalkan wirid yang tidak ada dalilnya yang shohih, sungguh ironis bukan!!

Maka tugas kitalah untuk membantu saudara kita yang membutuhkan tersebut, jangan sampai akidah mereka tergadaikan hanya karena sulit mendapat makanan, hanya karena tak ada biaya untuk berobat.

Jadi jika ingin hidup bahagia, maka bersyukurlah!!

Updated: 07/06/2012 — 9:23 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme