Amal Saleh Yang Begitu Indah

Alloh berfirman:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Qs. an-Nahl [16]:97) 

Saudaraku kaum muslimin!
Ayat ini mengandung janji dari Alloh Yang Maha Menepati janji-Nya bahwa siapapun hamba-Nya yang beriman dan melakukan amal saleh, niscaya akan meraih kehidupan yang toyyibah di dunia. Lalu di akhirat, semua kenikmatan dan kebahagiaan pun diraih dengan yang lebih baik dari amal yang dikerjakannya.

Manfaat Melakukan Amal Saleh

Keutamaan Melakukan Amal SalehBeriman dan beramal soleh berarti mengerjakan semua perintah Alloh dan meninggalkan semua larangan-Nya dengan penuh keikhlasan serta contoh tauladan dari Rosululloh sebagai utusan. Beriman dan beramal soleh adalah amal-amal kemuliaan yang penuh dengan keindahan dan kedamaian. Beribadah kepada Alloh dengan ruku dan sujud, berdzikir, membaca al-Qur’an dan menta’ati-Nya. Beramal saleh dengan berbakti kepada orang tua, bersilaturrahmi, berbuat baik kepada tetangga, tanpa mengkhianati mereka. Beramal saleh dengan memakan yang halal bukan yang haram, berkata jujur dan tidak berdusta, menebar kebaikan dan melarang kerusakan, berinfaq harta tanpa kikir. Semua kebaikan dan kemuliaan yang diridhoi dan dicintai-Nya itulah amal saleh.

Semua kenikmatan, keindahan dan kebahagiaan yang akan diraih manusia di dunia adalah buah dari penerapan sisi-sisi amal saleh mereka. Satu buah amal saleh pasti berdampak kebaikan bagi dirinya dan dunianya. Setiap kali amal saleh diterapkan dan diamalkan, setiap kali itu pula dunia dan isinya mendapatkan bagian kebaikannya.

Ya… hayatan toyyibah (kehidupan penuh kebaikan). Rizki yang halal dan baik, qonaah (selalu cukup) di jiwa, ibadah yang menentramkan dan semua kelapangan dada dalam keta’atan akan diraih dan digapai di dunia. Jasad mereka mungkin tertimpa sakit yang berat, hidup mereka mungkin miskin papa, tapi jiwa mereka yakin bahwa semua meninggikan derajatnya jika kesabaran memenuhi jiwa. Sungguh menakjubkan! Saat mereka mendapatkan semua yang menyenangi hidupnya, rasa syukur memenuhi semua lisan dan perilakunya. Saat mereka mendapatkan musibah yang tidak disukainya, kesabaran benar-benar memenuhi relung dadanya.

Rosululloh bersabda:
“Sungguh beruntung orang yang diberi hidayah Islam, diberi rizki yang mencukupi dan Allah memberikan jiwa qonaah dengan apa yang diberikan-Nya.” (HR. Muslim)

Lalu janji di akhirat… ya… Janji di akhirat dengan semua kenikmatan dan kebahagiaan yang tiada tara. Bukan sekedar seberapa besar amal saleh yang kita kerjakan, itulah yang akan dibalas-Nya. Tetapi, Dia akan membalasnya dengan berbagai lipatan yang tak terhingga, sampai tak dapat diukur dengan amal saleh kita. Itulah rahmat besar dari Alloh yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal soleh yang mulia.

“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atas kalian. Berbahagialah kalian! Maka masukilah surga ini, sedang kalian kekal di dalamnya” (QS. az-Zumar [391: 73) 

Semoga kita diberi kesempatan untuk selalu melakukan amal saleh dengan sebaik-baiknya, aamiin…

Updated: 30/07/2012 — 1:46 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme