Alloh Maha Pengampun

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rosululloh bersabda, Alloh SWT berfirman: “Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu  membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikitpun pada-Ku tentu Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi pula.”(HR.Tirmidzi)

alloh maha pengampun imageJika Bertobat, Setiap Dosa Akan Diampuni

Benar-benar Alloh Maha Pengampun. Setiap dosa, baik dosa kecil, dosa besar, dosa syirik, dosa kekufuran bahkan dosa itu sepenuh bumi pun bisa diampuni selama seseorang bertobat sebelum datangnya kematian. Alloh berfirman:” Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya. Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. az-Zumar:53)

Ibnu Katsir mengatakan, “ayat yang mulia ini berisi seruan kepada setiap orang yang berbuat maksiat baik kekafiran dan ainnya untuk segera bertobat kepada Alloh. Ayat ini mengabarkan bahwa Alloh akan mengampuni seluruh dosa bagi siapa yang ingin bertobat dari dosa-dosa tersebut, walaupun dosa tersebut amat banyak, bagai buih di lautan.”

Ibnu Katsir mengatakan, “berbagai hadits menunjukkan bahwa Alloh maha pengampun terhadap setiap dosa( termasuk pula kesyirikan) jika seseorang bertobat. Janganlah seseorang berputus asa dari rahmat Alloh walaupun begitu banyak dosa yang ia lakukan karena pintu tobat dan rahmat Alloh begitu luas.”

Seseorang yang melakukan dosa berulang kali

Dari Abu Huroiroh, Rosululloh bersabda yang diceritakan dari Robb nya, “Ada seorang hamba yang berbuat dosa lalu dia mengatakan ‘Allohummagfirliy dzanbiy’ (Yaa Alloh, ampunilah dosaku). Lalu Alloh berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Robb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa’.(Maka Alloh mengampuni dosanya), kemudian hamba tersebut mengulangi lagi berbuat dosa, lalu dia mengatakan, ‘Yaa Robbi agfirli dzanbiy’ (Wahai Robb, ampunilah dosaku). Lalu Alloh berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Robb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa’,(Maka Alloh mengampuni dosanya), kemudian hamba tersebut mengulangi lagi berbuat dosa, lalu dia mengatakan, ‘Yaa Robbi agfirli dzanbiy’ (Wahai Robb, ampunilah dosaku). Lalu Alloh berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Robb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa’. Beramallah sesukamu, sungguh engkau telah diampuni.”(HR. Muslim)

Imam An-Nawawi dalam Syarh Muslim mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan ‘beramallah sesukamu’ adalah selama engkau berbuat dosa lalu bertobat maka Alloh akan mengampunimu. Imam An-Nawawi mengatakan,” Seandainya seseorang berulangkali melakukan dosa hingga seratus kali, seribu kali atau lebih, lalu ia bertobat setiap kali berbuat dosa, maka pasti Alloh akan menerima tobatnya setiap kali ia bertobat, dosa-dosanya pun akan gugur. Seandainya ia bertobat dengan sekali tobat saja setelah ia melakukan semua dosa tadi, tobatnya pun sah.”

Bertobatlah yang tulus

Alloh berfirman,“Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Alloh dengan taubatan nasuhaa(taubat yang semurni-murninya).”(QS.at-tahrim:8). Sungguh tiada keraguan bahwa memang benar Alloh Maha Pengampun.

Updated: 07/06/2012 — 9:46 pm
FADIL MUBAROK BLOG © 2014 Frontier Theme